Algorithm

Pada postingan kali ini, saya akan berusaha menggali dan mempelajari  kembali dasar dari pemrograman, yang merupakan pondasi utama dalam membuat konsep atau struktur dalam dunia pemrograman yang dimana menuntun kita menyelasaikan suatu masalah secara sistematis dan logis yaitu “Algoritma Pemrograman”.

Algoritma Pemrograman masih sangat eksis didunia saat sekarang ini seiring berkembangnya teknologi dan maraknya tempat kursus khusus pemrograman dan seminar-seminar mengenai pemrograman. Dan masih banyak kampus-kampus terdapat mata kuliah Algoritma Pemrograman terkhusus pada kampus yang bergerak dibidang IT yang menandakan bahwa pentingnya mempelajari atau bahkan menguasai konsep Algoritma sebagai dasar awal nntuk menjadai seorang Programmer.

Konsep Pada Algoritma

Yaitu merupakan dasar yang harus dikuasai oleh pelaku penyusun program komputer atau biasa diistilahkan dengan programmer yang akan menyelesaikan suatu masalah secara terstruktur, efektif, dan efisien. Konsep serta dasar-dasar penyusunan algoritma akan dibahas lebih lanjut pada laman ini dan merujuk juga pada karya tulisan dari bapak Drs.Suarga,M.Sc.,M.Math.,Ph.D yang berjudul “Algoritma Pemrograman”.

Sejarah Tercetusnya Istilah Algoritma

Pada abad ke IX, Abu Ja’far Muhammad ibnu Musa Al-Kwarizmi  dianggap pencetus pertama Algoritma karena pada saat itu beliau menulis sebuah buku yang berjudul “Aljabar Wal Muqabala” yang dimana pada buku tersebut Abu Ja’far  menjlaskan langkah-langkah dalam menyelesaikan berbagai persoalan aritmatika yakni Aljabar. Dan kemungkina besar kata “Algoritma” diambil dari kata “Al-Kwarizmi” yang kemudian berubah menjadi “Algorism”, selanjutnya berubah lagi menjadi “Algorithm”.

Defenisi Dari Algoritma

Terdapat beberapa defenisi Algoritma yaitu:

         ·         Langkah-langkah penyelesaian suatu masalah secara sistematis dan logis.

         ·         Teknik penyelesaian suatu masalah dalam bentuk kalimat dengan jumlah kata terbatas,        tetapi tersusun secara sistematis dan logis.

         ·         Suatu prosedur yang jelas untuk menyelesaikan  suatu persolan dengan menggunakan langkah-langkah tertentu dan terbatas jumlahnya.

Pada postingan berikutnya kami akan membahas Ciri-ciri Dari Algoritma, Sifat Pada Algoritma, Serta Struktur dari Algoritma. Untuk menyempurnkan soalan diatas dengan mengacu pada buku Struktur Data dengan C++, guna menambahkan beberapa contoh atau dasar-dasar pemrograman dengan mengimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman C++.

 

Sumber : Suarga. 2006. Algoritma Pemrograman, Yogyakarta : Penerbit Andi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *